LAPORAN KEGIATAN MAGANG MANDIRI


LAPORAN KEGIATAN MAGANG MANDIRI
MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
Oleh : Trias Novita Ellsadayna

            Kegiatan magang mandiri dilaksanakan pada libur semester 1 selama kurang lebih 3 minggu di Sekolah Luar Biasa, kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi libur mahasiswa dengan menimba ilmu di tempat yang telah disetujui pihak fakultas dan instansi terkait. Di Sekolah Luar Biasa ini, mahasiswa banyak melakukan pengamatan, dan pendekatan secara personal baik kepada guru, siswa, dan juga wali siswa. Pengalaman yang diperoleh tidak hanya sekedar formalitas di dalam kelas, tetapi lebih daripada itu karena mahasiswa juga mendapatkan pengalaman baru dalam proses penyesuaian diri dengan lingkungan yang luar biasa. Tingkatan siswa di sekolah ini dimulai dari SD, SMP, dan juga SMA dengan jumlah siswa keseluruhan kurang lebih 45 siswa. Di sekolah ini membagi kelas sesuai dengan kemampuan siswa, dan digolongkan menjadi kelas B dan C yang mengelompokkan antara siswa yang mampu berkomunikasi secara verbal dan yang tidak mampu berkomunikasi verbal.  Adapun deskripsi rincian kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai berikut :
No
Hari/tanggal
Uraian
1
Senin, 14 Jan 2013
-    Pendekatan dengan salah satu orangtua siswa (Riris) yang berada di kelas khusus karena terganggunya syaraf motorik, dan lambatnya mengolah pesan yang diterima. Diceritakan bahwa kelahiran siswa ini normal, tetapi pada saat usianya 2 tahun ia jatuh dari sepeda dan penanganan dokter yang kurang tepat serta pemberian dosis obat dewasa yang berkepanjangan kemungkinan mengenai syaraf  yang ada di otak sehingga seluruh tubuhnya mengalami kejang dalam waktu yang cukup lama. Keadaan ini diperparah oleh susu yang dikonsumsi anak yang memperlambat kerja otak. Namun setelah disekolahkan, dan menjalani banyak terapi, anak sudah mengalami perkembangan dan pemulihan sedikit demi sedikit. Ia kini mampu sedikit melakukan apa yang diperintahkan orangtuanya, serta memiliki semangat untuk terus datang ke sekolah.
2
Selasa, 15 Jan 2013
-    Rapat guru
3
Rabu, 16 Jan 2013
-   Pendekatan dengan salah satu orang tua siswa (Cinta) yang berada di kelas 1. Diceritakan bahwa usia ibu menikah 19 tahun, pada saat mengandung kondisi ibu masih sangat muda, dengan pinggul yang kecil dan air susu yang belum keluar. Setelah usia 9 bulan kelahiran, anak terserang diare, dan demam berdarah. Kemudian anak dibawa ke puskesmas dan ditangani oleh mahasiswa praktek yang belum berpengalaman. Proses penyuntikan yang dilakukan berkali-kali di tempat yang salah membuat keadaan anak makin parah, dan kejang. Lalu anak dibawa ke rumah sakit, namun terkendala oleh aturan administrasi yang menyebabkan lambatnya penanganan. Terlepas dari itu, anak memiliki daya kreatifitas untuk mewarnai, dan menggambarkan. Juga mampu menguasai teknologi seperti telepon genggam dan komputer.
-   Pendekatan dengan siswa SD saat istirahat. Mulai berkenalan, belajar bahasa isyarat, merangsang mereka kemampuan mereka dengan meminta untuk menuliskan nama dan menggambar sesuatu yang mereka suka, serta memberikan pujian dan coklat. Mengajak bermain dan bernyanyi bersama.
4
Kamis, 17 Jan 2013
-   Pendekatan terhadap siswa SMP dan SMA dengan membantu menata buku di perpustakaan. Bergotong-royong mengelompokkan buku bantuan sesuai dengan judul dan disiplin ilmunya.
-   Saat istirahat, berkenalan dan bercengkrama dengan anak-anak yang ikut membantu kegiatan di perpustakaan dengan didampingi oleh seorang ibu guru.
5
Jumat, 18 Jan 2013
-   Pagi hari menyambut kedatangan anak-anak untuk mengikuti senam pagi.
-   Melakukan kerja bakti di belakang sekolah, mulai dari menyapu, sampai mencabut rumput dilakukan bersama-sama dengan seluruh warga sekolah.
-   Saat ada rapat kepala sekolah, mendampingi dan membantu anak-anak mencuci piring kotor bersama, dan menemani mereka bermain.
6
Sabtu, 19 Jan 2013
-   Melakukan pendampingan di kelas khusus. Membantu siswa memegang pensil, memberikan arahan cara mewarnai, dan merangsang kemampuan motorik dengan bermain bongkar pasang
7
Senin, 21 Jan 2013
-   Membantu kegiatan siswa SMP dan SMA menata buku bantuan di perpustakaan dengan mengklasifikasikannya sesuai dengan nomor yang telah ditentukan
8
Selasa, 22 Jan 2013
-   Melanjutkan kegiatan di perpustakaan
9
Rabu, 23 Jan 2013
-   Sakit
10
Kamis, 24 Jan 2013
-   Libur Maulid nabi
11
Jumat, 25 Jan 2013
-   Melakukan pendampingan di kelas khusus yang jumlah siswa maksimal 8 orang. Tetapi yang hadir hanya 4 siswa
-   Seusai istirahat pertama, membantu kegiatan di perpustakaan
12
Sabtu, 26 Jan 2013
-   Peringatan Maulid nabi
13
Senin, 28 Jan 2013
-   Mengikuti upacara bendera
-   Melakukan pendampingan di kelas III B, yang seharusnya jumlah siswa 5 orang. Tetapi yang hadir 3 orang. Diketahui satu siswa tidak hadir karena dikhitan dan yang lain tanpa keterangan.
-   Melerai anak yang bertengkar dengan temannya dan menangis
14
Selasa, 29 Jan 2013
-   Melakukan pendampingan di kelas VI B dengan jumlah siswa 4 orang
-   Terjadi insiden pertengkaran yang cukup hebat di antara beberapa siswa SD sewaktu istirahat
15
Rabu, 30 Jan 2013
-   Kontrol ke rumah sakit
16
Kamis, 31 Jan 2013
-   Pengamatan di ruang kelas III B, pelajaran matematika. Guru memberikan tugas kepada setiap siswa berbeda-beda sesuai dengan tingkat kompetensi siswa dan tingkat pemahaman siswa terhadap suatu permasalahan. Fahmi mendapat soal tentang mengenal uang, Sheila mendapat tugas menebalkan angka yang disusun dengan titik titik oleh guru, Bagas mendapat ulangan tentang penjumlahan.

-   Pengamatan di ruang kelas IV C, pelajaran IPA tentang sumber energi dan bunyi. Sistem pengajaran berpusat pada guru dengan menjelaskan dan menerangkan serta memberikan contoh konkret dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian siswa mengerjakan soal yang diberikan
-   Pada waktu istirahat menolong salah satu siswa SD yang berkeinginan untuk bisa belajar membaca (Desi)
17
Jumat, 1 Feb 2013
-   Siswa mengikuti jalan pagi dengan tujuan pengenalan lingkungan
-   Melakukan sharing dengan wali murid dan guru tentang pengalaman, dan perkembangan anak yang telah dicapai sampai saat ini, dan kemajuan yang telah diperoleh selama bersekolah.
18
Sabtu, 2 Feb 2013
-   Foto bersama dengan seluruh siswa SD, SMP, SMA dan seluruh guru
-   Menyaksikan upacara pramuka
-   Berpamitan
Kesimpulan :
          Setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini sepenuhnya telah disadari oleh orangtua dan juga guru, untuk membantu perkembangan anak supaya menjadi lebih baik. Anak yang berkebutuhan khusus memerlukan pendampingan dan perhatian yang tinggi untuk memacu motivasi dan kemauannya untuk berusaha lebih keras. Anak berkebutuhan khusus juga memiliki potensi yang sama untuk berkembang, ketrampilan dan bakat yang dimiliki dapat menjadi modal penting untuk menjadi anak bangsa yang berprestasi. Mereka memiliki rasa setia kawan yang tinggi, toleransi, solidaritas, selalu bergotong royong dalam segala hal. Sekalipun terjadi pertengkaran, itu tidak menjadi masalah yang berlarut-larut karena tidak ada yang bisa dipersalahkan. Mereka saling mengerti dan mengenal akan kebutuhan emosi teman-temannya. Anak-anak ini tidak memandang usia, latar belakang, dan kekurangan mereka sebagai sesuatu yang dipermasalahkan. Justru hal-hal itulah yang membuat mereka semakin dekat satu dengan yang lain. Terkadang orangtua yang kurang percaya diri, yang mudah tersinggung dengan keadaan anak-anak mereka. Di sekolah ini, berapapun usia mereka semuanya mendapat kesempatan yang sama untuk menuntut ilmu, bukan hanya sekedar secara akademik,  tetapi juga ditunjang dengan soft skill yang memadai untuk memperlengkapi mereka saat telah siap untuk hidup di masyarakat.


*You'll find the treasure if you also click this*

Comments

Popular posts from this blog

CARA SKORING TES PSIKOLOGI VSMS

Laporan dan Deskripsi Observasi VSMS

Analisis Film menurut Teori Psikologi Sosial