Laporan Praktikum Tes Inteligensi WPPSI
Laporan Praktikum
Tes Inteligensi WPPSI
Mata Kuliah Tes Inteligensi Minat dan Bakat
Dosen Pengampu
Hera Wahyuni, S.Psi, M.Psi, Psi
Oleh :
Trias Novita Ellsadayna (120541100031)
Kelas IV A
PRODI PSIKOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
DAFTAR ISI
Halaman
Judul ................................................................................................. i
Daftar
Isi..........................................................................................................
ii
Identitas
Testee ............................................................................................... 1
Administrasi
Tes .................. .......................................................................... 1
Hasil
Observasi.................................................................................................
2
Hasil
Notulen Jawaban Testee ........................................................................ 3
Kesimpulan
Hasil Tes.......................................................................................
8
ADMINISTRASI
TES
Buku
Petunjuk (berwarna biru)
Buku Norma (berwana merah muda)
Formulir WPPSI\
Formulir Mazes
Stop Watch
Spidol 4 warna
Kertas kosong (putih) untuk pengerjaan geometric design
Form Board dan 28 silinder berwarna untuk animal house
Buku berisi picture completion dan block design
Buku berisi aristmethic 1 sampai 4 dan geometric design
14 buah balok berwarna merah putih untuk block design dan arithmatic
Record Form untuk mencatat informasi mengenai latar belakang anak dan tingkah laku selama mengerjakan tes
Buku Norma (berwana merah muda)
Formulir WPPSI\
Formulir Mazes
Stop Watch
Spidol 4 warna
Kertas kosong (putih) untuk pengerjaan geometric design
Form Board dan 28 silinder berwarna untuk animal house
Buku berisi picture completion dan block design
Buku berisi aristmethic 1 sampai 4 dan geometric design
14 buah balok berwarna merah putih untuk block design dan arithmatic
Record Form untuk mencatat informasi mengenai latar belakang anak dan tingkah laku selama mengerjakan tes
HASIL
OBSERVASI/PENGAMATAN
TESTEE
TEMA
OBSERVASI : WPPSI
1
Nama
Observee : GW
2
Tanggal Observasi : 20 Juni 2014
3
Lokasi
Pengamatan : Laboratorium Soft Skill
4
Pengamat : Trias Novita Ellsadayna
5
Tanggal pencatatan : 21 Juni 2014
6
Saat Tes :
Tahun 2014 Bulan 06 Tanggal 20
7
Saat Lahir : Tahun 2008 Bulan 06 Tanggal 10
8
Chronological Age : 6 Tahun 10 hari
Catatan/
Hasil Pengamatan
|
-
Testee datang bersama kedua orang
tuanya dan kakak laki-lakinya dengan menggunakan mobil
-
Testee datang dengan menggunakan
kaos berwarna putih lengan pendek, dan celan panjang berbahan jeans berwarna
biru.
-
Testee sangat kooperatif dan
selalu tersenyum ketika proses pengetesan berlangsung
-
Testee menggunakan demonstrasi
tangan, kepala, mata, kaki dan juga menjawab secara verbal ketika diberi
pertanyaan-pertanyaan
-
Testee juga tidak malu bertanya
kembali saat ada pertanyaan yang tidak dimengerti dan berkata tidak tahu
apabila dia memang tidak bisa menjawab pertanyaan tester
-
Testee kebingungan saat
mengerjakan block design, tetapi setelah ada demonstrasi dari tester, ia
kemudian bisa mengerjakannya sendiri
-
Saat mengerjakan mazes, testee
terlihat antusias dan ia ingat akan instruksi yang diberikan, dan selalu
berkata “upss.. maaf.. maaf, saya minta maaf” apabila dengan tidak sengaja
garis yang dibuatnya menyentuh garis.
-
Saat sedang berpikir testee juga
mendongakkan kepala ke atas sambil satu jari telunjuknya menyentuh dagunya
-
Testee juga membantu tester
meletakkan kembali alat tes dengan rapi saat setiap kali selesai menggunakan
alat tesnya
-
Saat tester menawarkan minuman
kotak kepadanya apabila ia kelelahan, testee menolak, dan memilih untuk
melanjutkan pengetesan sampai proses pengetesan selesai.
|
HASIL NOTULEN JAWABAN TESTEE PER SUBTES
Penilaian
:
1. Information
Jumlah Soal yang
terjawab = 12
Jawaban salah/ tidak
terjawab = 11
Raw Score = 12
Hasil Scale Score = 7
Catatan:
Testee
memberikan jawaban tidak hanya secara verbal namun juga dengan gesture/gerak
tubuh yang mendemonstrasikan jawabannya. Untuk 12 pertanyaan yang tidak
berhasil dijawab, dikarenakan testee belum pernah mengenal item-item tersebut
sebelumnya, ia belum bisa memikirkan item tersebut secara konkrit, sehingga
meskipun tester menggali lebih dalam dengan menspesifikkan item tersebut,
testee masih kesulita, dan akhirnya ia mengatakan tidak tahu.
2. Animal
House
Menit yang dibutuhkan
untuk mengerjakan = 2 .00
Error =
0
Omission =
0
Raw Score = 46
Hasil Scale Score = 8
Catatan:
Pada
saat tester mengeluarkan alat tes dan mulai menjelaskan serta memberikan
instruksi, testee terlihat antusias dan mengikuti dengan seksama. Testee
tertarik untuk segera mengerjakan animal house tersebut, bahkan dari baris
pertama yang sebenarnya adalah baris untuk tester
memberi contoh, testee langsung melanjutkan menaruh beberapa silinder di baris
pertama tersebut. Kemudian tester memberikan instruksi untuk baru mulai
mengerjakan baris dua setelah menunggu aba-aba dari tester. Kemudian testee
menyelesaikan animal house tersebut dalam waktu yang singkat.
3. Vocabulary
Jumlah soal yang terjawab = 13
Jawaban salah/ tidak
terjawab = 9
Raw Score = 22
Hasil Scale Score = 11
Catatan:
Testee
dapat memberikan definisi yang tepat untuk beberapa item yang familiar
untuknya, bahkan ia juga mendemosntrasikannya dengan gesture. Tetapi ia
memberikan pendefinisian yang kurang jelas untuk item yang dikenalinya dengan
samar karena tidak memiliki gambaran yang konkret tentang item tersebut. Testee
tidak sungkan untuk berkata tidak tahu apabila kata yang ditanyakan kepadanya
asing baginya, ia juga menanyakan kembali kepada tester “apa itu? Saya tidak
tahu”
4.
Picture Completion
Jumlah soal yang terjawab =
14
Jawaban salah/ tidak
terjawab = 9
Raw Score = 14
Hasil Scale Score = 9
Catatan:
Testee
dapat memberikan jawaban bagian mana yang hilang dari gambar tersebut baik
dengan mengatakannya dengan lisan maupun menunjuk ke arah gambar yang bagiannya
hilang. Kadang, ada beberapa gambar yang ia salah sebut seperti gambar boneka
ia sebut sebagai gambar orang, tetapi ia tepat dalam menyebut dan menunjuk
bagian yang hilang yaitu tangan. Sedangkan untuk gambar lainnya yang tidak
mampu ia jawab, karena gambar itu sulit baginya dan terlihat sama. Testee tidak
sungkan untuk berkata tidak tahu dan ia juga menanyakan kembali kepada tester
“apa itu? Saya tidak tahu”
5.
Arithmethic
Jumlah soal yang terjawab =
16
Jawaban salah/ tidak
terjawab = 4
Raw Score = 16
Hasil Scale Score = 13
Catatan:
Testee
berusia 6 tahun, maka pertanyaan diberikan mulai nomor 7, sedangkan untuk 6
nomor sebelumnya diberi skor hadiah. Testee dapat menjawab pertanyaan matematika dengan cepat, sesekali
ia juga menggunakan jari jemarinya untuk menghitung. Tester juga memastikan
setiap jawaban testee benar atau tidak, takin atau tidak dengan menyuruhnya
menghitungnya sekali lagi dengan perlahan. Untuk pertanyaan mendekati akhir,
testee kesulitan karena angkanya terlalu besar untuknya dan ia tidak bisa
menghitungnya apabila diatas puluhan.
6.
Mazes
Jumlah soal yang terjawab =
10
Jawaban salah/ total eror =
4 eror
Raw Score = 20
Hasil Scale Score = 12
Catatan:
Pada
saat tester mengeluarkan alat tes dan mulai menjelaskan serta memberikan
instruksi, testee terlihat antusias dan mengikuti dengan seksama. Testee
tertarik untuk segera mengerjakan mazes yang adalah mencari jalan keluar untuk
obyek dalam gambar tersebut, bahkan dari mazes 1, testee terlihat sudah
mengerti dan paham tentang tugas apa yang harus dilakukannya dan ia juga
mengingat dengan jelas pantangan atau ketentuan yang tidak boleh dilanggarnya.
Di mazes 1 sampai mazes 7, ia melakukannya dengan lancar dan cepat, tanpa
diinstruksikan lagi. Tetapi untuk mazes 8 dst ia mulai kesulitan untuk mencari
jalan keluar karena bertambahnya tingkat kesulitan. Ia melakukan beberapa kali
eror, tetapi akhirnya bisa menyelesaikannya semuanya sampai tuntas.
7.
Geometri Design
Jumlah soal yang terjawab =
9
Jawaban salah/ tidak terjawab = 1
Raw Score = 15
Hasil Scale Score = 11
Catatan:
Pada
saat tester mengeluarkan alat tes dan mulai menjelaskan serta memberikan
instruksi, testee terlihat antusias dan mengikuti dengan seksama. Testee
tertarik untuk segera menggambar obyek yang ditunjukkan kepadanya. Ia mulai
menggambar dengan cepat hanya dalam 2-3 detik saja. Ada beberapa gambar yang
menurut tester garisnya kurang sempurna dan menanyakan kepadanya apakah ia mau
memperbaiki gambarnya? Tapi testee menjawab tidak usah, dan dia menyelesaikan
semua gambarnya dengan cepat.
8.
Similarities
Jumlah soal yang terjawab =
14
Jawaban salah/ tidak terjawab = 2
Raw Score = 17
Hasil Scale Score = 13
Catatan:
Testee
dapat memberikan jawaban tentang persamaan dari kata yang ditanyakan oleh
tester. Kebanyakan dari kata-kata tersebut dekat dengan kehidupan sehari-hari
testee, oleh sebab itu testee tertarik dan memberikan penjelasan panjang lebar,
namun karena terbatasnya waktu pengetesan tester segera melanjutkan ke
pertanyaan kata berikutnya. Ada beberapa kata yang testee tidak mampu menjawab
karena ia tidak mendapatkan gambaran konkret mengenai hal itu. Untuk hal itu testee
tidak sungkan untuk berkata tidak tahu dan ia juga menanyakan kembali kepada
tester “apa itu? Saya tidak tahu”
9.
Block Design
Jumlah soal yang terjawab =
5
Jawaban salah/ tidak terjawab = 5
Raw Score = 7
Hasil Scale Score = 6
Catatan:
Testee
dapat menyusun balok dengan warna sesuai ketentuan tanpa demonstrasi dari
tester hanya pada design 1 dan 2. Namun untuk design selanjutnya, tester
memberikan bantuan dan mencontohkannya, kemudian menanyakan kepada testee
apakah sudah paham? Lalu menghancurkan design tersebut dan menyuruh testee menyusunnya
seperti yang telah dicontohkan, dan ia bisa mengerjakannya untuk 3 design
berikutnya. Tetapi untuk design 6-10 ia kesulitan untuk menyusun kembali
meskipun setelah dicontohkan/didemonstrasikan oleh tester, oleh sebab itu
pengetesan dihentikan.
10. Compherension
Jumlah soal yang terjawab =
11
Jawaban salah/ tidak terjawab = 4
Raw Score = 21
Hasil Scale Score = 13
Catatan:
Testee
dapat memberikan jawaban dan penjelasan tentang hal yang ditanyakan oleh
tester. Tetapi untuk kata yang sulit dipahami testee dan konsepnya masih
abstrak, testee tidak mampu menjawab dan tidak mampu memberikan alasan yang
tepat.
·
Verbal Test
- . Information 12 7
- . Vocabulary 22 11
- . Arithmethic 16 13
- . Similarites 17 13
- . Chomperension 21 13
_________________
Verbal Scored 57
·
Performance Tests
- . Animal House 46 8
- . Picture Completion 14 9
- . Mazes 20 12
- . Geometric Design 15 11
- . Block Design 7 6
_________________
Performancer
Score 46
Scale Score IQ
a.
Verbal Score 57 109
b.
Performance Score 46 95
___________
Full
Scale Score 103 102
·
Klasifikasi Inteligensi WPPSI
(menurut skala Wechsler)
KLASIFIKASI
|
IQ
|
Very Superior
|
|
Superior
|
120-129
|
Bright Normal
|
110-119
|
Average
|
90-109
|
Dull Normal
|
80-89
|
Borderline
|
70-79
|
Defective
|
< 69
|
·
Analisa Hasil Skor
Menurut skala Wechsler, anak yang mempunyai Full
Scale skor IQ 102, masih dalam klasifikasi kategori normal. Dan apabila Score
testee dipisahkan antara verbal score dan performance score, maka IQ testee
berada di angka 95 dan 109 yang masih dalam rentang antara 90-109 dan
kategorinya adalah di Rata-rata (normal).
Comments
Post a Comment