Laporan Praktikum Tes Inteligensi WPPSI



Laporan Praktikum
Tes Inteligensi WPPSI


Diajukan untuk memenuhi Ujian Akhir Semester
Mata Kuliah Tes Inteligensi Minat dan Bakat
Dosen Pengampu
Hera Wahyuni, S.Psi, M.Psi, Psi

Oleh :
Trias Novita Ellsadayna (120541100031)
Kelas IV A

PRODI PSIKOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA



DAFTAR ISI

Halaman Judul .................................................................................................  i
Daftar Isi.......................................................................................................... ii     
Identitas Testee ...............................................................................................  1
Administrasi Tes ..................  ..........................................................................  1
Hasil Observasi................................................................................................. 2
Hasil Notulen Jawaban Testee  ........................................................................  3
Kesimpulan Hasil Tes....................................................................................... 8 


ADMINISTRASI TES

Buku Petunjuk (berwarna biru)
Buku Norma (berwana merah muda)
Formulir WPPSI\
Formulir Mazes
Stop Watch
Spidol 4 warna
Kertas kosong (putih) untuk pengerjaan geometric design
Form Board dan 28 silinder berwarna untuk animal house
Buku berisi picture completion dan block design
Buku berisi aristmethic 1 sampai 4 dan geometric design
14 buah balok berwarna merah putih untuk block design dan arithmatic
Record Form untuk mencatat informasi mengenai latar belakang anak dan tingkah laku selama mengerjakan tes

HASIL OBSERVASI/PENGAMATAN TESTEE

TEMA OBSERVASI             : WPPSI
               1            Nama Observee       : GW
               2            Tanggal Observasi   : 20 Juni 2014
               3            Lokasi Pengamatan : Laboratorium Soft Skill
               4            Pengamat                 : Trias Novita Ellsadayna
               5            Tanggal pencatatan  : 21 Juni 2014
               6            Saat Tes                   : Tahun 2014 Bulan 06 Tanggal 20
               7            Saat Lahir                : Tahun 2008 Bulan 06 Tanggal 10
               8            Chronological Age  : 6 Tahun 10 hari
Catatan/ Hasil Pengamatan
-          Testee datang bersama kedua orang tuanya dan kakak laki-lakinya dengan menggunakan mobil
-          Testee datang dengan menggunakan kaos berwarna putih lengan pendek, dan celan panjang berbahan jeans berwarna biru.
-          Testee sangat kooperatif dan selalu tersenyum ketika proses pengetesan berlangsung
-          Testee menggunakan demonstrasi tangan, kepala, mata, kaki dan juga menjawab secara verbal ketika diberi pertanyaan-pertanyaan
-          Testee juga tidak malu bertanya kembali saat ada pertanyaan yang tidak dimengerti dan berkata tidak tahu apabila dia memang tidak bisa menjawab pertanyaan tester
-          Testee kebingungan saat mengerjakan block design, tetapi setelah ada demonstrasi dari tester, ia kemudian bisa mengerjakannya sendiri
-          Saat mengerjakan mazes, testee terlihat antusias dan ia ingat akan instruksi yang diberikan, dan selalu berkata “upss.. maaf.. maaf, saya minta maaf” apabila dengan tidak sengaja garis yang dibuatnya menyentuh garis.
-          Saat sedang berpikir testee juga mendongakkan kepala ke atas sambil satu jari telunjuknya menyentuh dagunya
-          Testee juga membantu tester meletakkan kembali alat tes dengan rapi saat setiap kali selesai menggunakan alat tesnya
-          Saat tester menawarkan minuman kotak kepadanya apabila ia kelelahan, testee menolak, dan memilih untuk melanjutkan pengetesan sampai proses pengetesan selesai.




















HASIL NOTULEN JAWABAN TESTEE PER SUBTES
Penilaian :
1.      Information
Jumlah Soal yang terjawab        = 12
Jawaban salah/ tidak terjawab   = 11
Raw Score                                 = 12
Hasil Scale Score                       = 7
Catatan: Testee memberikan jawaban tidak hanya secara verbal namun juga dengan gesture/gerak tubuh yang mendemonstrasikan jawabannya. Untuk 12 pertanyaan yang tidak berhasil dijawab, dikarenakan testee belum pernah mengenal item-item tersebut sebelumnya, ia belum bisa memikirkan item tersebut secara konkrit, sehingga meskipun tester menggali lebih dalam dengan menspesifikkan item tersebut, testee masih kesulita, dan akhirnya ia mengatakan tidak tahu.

2.      Animal House
Menit yang dibutuhkan untuk mengerjakan      = 2 .00
Error                                                                  = 0
Omission                                                            = 0
Raw Score                                                         = 46
Hasil Scale Score                                               = 8
Catatan: Pada saat tester mengeluarkan alat tes dan mulai menjelaskan serta memberikan instruksi, testee terlihat antusias dan mengikuti dengan seksama. Testee tertarik untuk segera mengerjakan animal house tersebut, bahkan dari baris
pertama yang sebenarnya adalah baris untuk tester memberi contoh, testee langsung melanjutkan menaruh beberapa silinder di baris pertama tersebut. Kemudian tester memberikan instruksi untuk baru mulai mengerjakan baris dua setelah menunggu aba-aba dari tester. Kemudian testee menyelesaikan animal house tersebut dalam waktu yang singkat.

3.      Vocabulary
Jumlah soal yang terjawab                                 = 13
Jawaban salah/ tidak terjawab                           = 9
Raw Score                                                         = 22
Hasil Scale Score                                               = 11
Catatan: Testee dapat memberikan definisi yang tepat untuk beberapa item yang familiar untuknya, bahkan ia juga mendemosntrasikannya dengan gesture. Tetapi ia memberikan pendefinisian yang kurang jelas untuk item yang dikenalinya dengan samar karena tidak memiliki gambaran yang konkret tentang item tersebut. Testee tidak sungkan untuk berkata tidak tahu apabila kata yang ditanyakan kepadanya asing baginya, ia juga menanyakan kembali kepada tester “apa itu? Saya tidak tahu”

4.      Picture Completion
Jumlah soal yang terjawab                                 = 14
Jawaban salah/ tidak terjawab                           = 9
Raw Score                                                         = 14
Hasil Scale Score                                               = 9
Catatan: Testee dapat memberikan jawaban bagian mana yang hilang dari gambar tersebut baik dengan mengatakannya dengan lisan maupun menunjuk ke arah gambar yang bagiannya hilang. Kadang, ada beberapa gambar yang ia salah sebut seperti gambar boneka ia sebut sebagai gambar orang, tetapi ia tepat dalam menyebut dan menunjuk bagian yang hilang yaitu tangan. Sedangkan untuk gambar lainnya yang tidak mampu ia jawab, karena gambar itu sulit baginya dan terlihat sama. Testee tidak sungkan untuk berkata tidak tahu dan ia juga menanyakan kembali kepada tester “apa itu? Saya tidak tahu”

5.      Arithmethic
Jumlah soal yang terjawab                                 = 16
Jawaban salah/ tidak terjawab                           = 4
Raw Score                                                         = 16
Hasil Scale Score                                               = 13
Catatan: Testee berusia 6 tahun, maka pertanyaan diberikan mulai nomor 7, sedangkan untuk 6 nomor sebelumnya diberi skor hadiah. Testee dapat menjawab  pertanyaan matematika dengan cepat, sesekali ia juga menggunakan jari jemarinya untuk menghitung. Tester juga memastikan setiap jawaban testee benar atau tidak, takin atau tidak dengan menyuruhnya menghitungnya sekali lagi dengan perlahan. Untuk pertanyaan mendekati akhir, testee kesulitan karena angkanya terlalu besar untuknya dan ia tidak bisa menghitungnya apabila diatas puluhan.

6.      Mazes
Jumlah soal yang terjawab                                 = 10
Jawaban salah/ total eror                                   = 4 eror
Raw Score                                                         = 20
Hasil Scale Score                                               = 12
Catatan: Pada saat tester mengeluarkan alat tes dan mulai menjelaskan serta memberikan instruksi, testee terlihat antusias dan mengikuti dengan seksama. Testee tertarik untuk segera mengerjakan mazes yang adalah mencari jalan keluar untuk obyek dalam gambar tersebut, bahkan dari mazes 1, testee terlihat sudah mengerti dan paham tentang tugas apa yang harus dilakukannya dan ia juga mengingat dengan jelas pantangan atau ketentuan yang tidak boleh dilanggarnya. Di mazes 1 sampai mazes 7, ia melakukannya dengan lancar dan cepat, tanpa diinstruksikan lagi. Tetapi untuk mazes 8 dst ia mulai kesulitan untuk mencari jalan keluar karena bertambahnya tingkat kesulitan. Ia melakukan beberapa kali eror, tetapi akhirnya bisa menyelesaikannya semuanya sampai tuntas.

7.      Geometri Design
Jumlah soal yang terjawab                                 = 9
Jawaban salah/ tidak terjawab                           = 1
Raw Score                                                         = 15
Hasil Scale Score                                               = 11
Catatan: Pada saat tester mengeluarkan alat tes dan mulai menjelaskan serta memberikan instruksi, testee terlihat antusias dan mengikuti dengan seksama. Testee tertarik untuk segera menggambar obyek yang ditunjukkan kepadanya. Ia mulai menggambar dengan cepat hanya dalam 2-3 detik saja. Ada beberapa gambar yang menurut tester garisnya kurang sempurna dan menanyakan kepadanya apakah ia mau memperbaiki gambarnya? Tapi testee menjawab tidak usah, dan dia menyelesaikan semua gambarnya dengan cepat.

8.      Similarities
Jumlah soal yang terjawab                                 = 14
Jawaban salah/ tidak terjawab                           = 2
Raw Score                                                         = 17
Hasil Scale Score                                               = 13
Catatan: Testee dapat memberikan jawaban tentang persamaan dari kata yang ditanyakan oleh tester. Kebanyakan dari kata-kata tersebut dekat dengan kehidupan sehari-hari testee, oleh sebab itu testee tertarik dan memberikan penjelasan panjang lebar, namun karena terbatasnya waktu pengetesan tester segera melanjutkan ke pertanyaan kata berikutnya. Ada beberapa kata yang testee tidak mampu menjawab karena ia tidak mendapatkan gambaran konkret mengenai hal itu. Untuk hal itu testee tidak sungkan untuk berkata tidak tahu dan ia juga menanyakan kembali kepada tester “apa itu? Saya tidak tahu”

9.      Block Design
Jumlah soal yang terjawab                                 = 5
Jawaban salah/ tidak terjawab                           = 5
Raw Score                                                         = 7
Hasil Scale Score                                               = 6
Catatan: Testee dapat menyusun balok dengan warna sesuai ketentuan tanpa demonstrasi dari tester hanya pada design 1 dan 2. Namun untuk design selanjutnya, tester memberikan bantuan dan mencontohkannya, kemudian menanyakan kepada testee apakah sudah paham? Lalu menghancurkan design tersebut dan menyuruh testee menyusunnya seperti yang telah dicontohkan, dan ia bisa mengerjakannya untuk 3 design berikutnya. Tetapi untuk design 6-10 ia kesulitan untuk menyusun kembali meskipun setelah dicontohkan/didemonstrasikan oleh tester, oleh sebab itu pengetesan dihentikan.

10.  Compherension
Jumlah soal yang terjawab                                 = 11
Jawaban salah/ tidak terjawab                           = 4
Raw Score                                                         = 21
Hasil Scale Score                                               = 13
Catatan: Testee dapat memberikan jawaban dan penjelasan tentang hal yang ditanyakan oleh tester. Tetapi untuk kata yang sulit dipahami testee dan konsepnya masih abstrak, testee tidak mampu menjawab dan tidak mampu memberikan alasan yang tepat.



KESIMPULAN HASIL TES
Raw Score                  Scaled Score
·      Verbal Test
  • .      Information                             12                                7
  • .      Vocabulary                              22                                11
  • .      Arithmethic                             16                                13
  • .      Similarites                               17                                13
  • .      Chomperension                       21                                13
_________________
Verbal Scored            57

·      Performance Tests

  • .      Animal House                         46                                8
  • .      Picture Completion                 14                                9
  • .      Mazes                                      20                             12
  • .      Geometric Design                   15                                11
  • .      Block Design                          7                                  6
_________________
                                                            Performancer Score              46

                                                           Scale Score                 IQ
a.      Verbal Score                                      57                                109
b.      Performance Score                           46                                95
                                                      ___________
Full Scale Score                   103                              102




·         Klasifikasi Inteligensi WPPSI (menurut skala Wechsler)
KLASIFIKASI
IQ
Very Superior
130 ke atas
Superior
120-129
Bright Normal
110-119
Average
90-109
Dull Normal
80-89
Borderline
70-79
Defective
< 69

·         Analisa Hasil Skor
Menurut skala Wechsler, anak yang mempunyai Full Scale skor IQ 102, masih dalam klasifikasi kategori normal. Dan apabila Score testee dipisahkan antara verbal score dan performance score, maka IQ testee berada di angka 95 dan 109 yang masih dalam rentang antara 90-109 dan kategorinya adalah di Rata-rata (normal).

Comments

Popular posts from this blog

CARA SKORING TES PSIKOLOGI VSMS

Laporan dan Deskripsi Observasi VSMS

Analisis Film menurut Teori Psikologi Sosial