Cuplikan: "Silence"

Belajar tentang keajaiban
belajar tentang kehidupan
sesuatu hal yang tanpa pernah dapat terbayangkan
ataupun sempat terpikirkan oleh manusia normal

kamu mungkin takkan bisa memahami sebelumnya
mengapa ini, dan mengapa itu
tetapi ketika kakimu melangkah
dan tanganmu terkepal kuat dengan tekad
bahwa kau berjuang untuk menaklukkan yang ada di hadapanmu
maka kamu akan melihat keajaiban sepenggal demi sepenggal

kamu akan mulai meresapinya
saat bibirmu menganga
dan pikiranmu terbuka
terhadap situasi di sekitarmu

aku mulai memahami arti sunyi
aku mulai memahami arti diam
di tempat ini, di suasana ini
diam dan sunyi yang memiliki banyak arti
dan bahwa dalam sunyi pun
masih ada cerita yang dapat tersampaikan
entah bagaimana,
mungkin angin yang berhembus yang menyampaikannya
saat mata ini mulai kau pejamkan
dan hatimu dengan rela ingin mendengarkan
maka kau akan mulai mendengar suara hati oranglain
itulah yang kualami dengan nyata
aku tak dapat memahami bahasa mereka
aku tak dapat memberikan isyarat apapun pada mereka
yang kulakukan hanya diam, dan berusaha memaknai setiap gerak bibir
ataupun setiap perubahan raut wajah polos mereka
maka aku belajar tentang keajaiban dalam berkomunikasi
aku tak mengerti arti gerak mereka, tapi aku dapat merasakan
perubahan emosi, perubahan gejolak, ataupun situasi yang ingin mereka ciptakan

aku benar-benar menyadari,
bahwa disini aku belajar banyak hal
diam memiliki seribu arti
dan bahkan ada tawa yang tersirat dalam kesunyian
sekalipun tanpa suara tetapi ada emosi yang dapat terpancarkan
inilah yang kusebut keajaiban bagi seorang normal seperti diriku
bukan mereka tidak normal, hanya saja tidak seperti orang kebanyakan
aku ingin memaknai arti diam, arti kebisuan, arti ketulian, arti kesunyian, dan arti kesendirian
yang mungkin nampak memiliki dunia sendiri
tapi aku yakin, dalam heningnya sendiri,
ada beribu kisah yang tersimpan,
ada tutur yang terbatas, ada keinginan yang terperangkap
ada imajinasi yang ingin tercipta
aku merasa ajaib berada di tengah tengah situasi ini
aku merasa ajaib bisa  merasakan keadaan ini
aku merasa ajaib karena dengan ini aku bisa memaknai arti diam seseorang yang kucintai.

Originally by Szaiko
Taken from: The Journey of Life : Silence

Comments

Popular posts from this blog

CARA SKORING TES PSIKOLOGI VSMS

Laporan dan Deskripsi Observasi VSMS

Analisis Film menurut Teori Psikologi Sosial